Blogger Kebumen

Kamis, 08 Mei 2008

Kemangi Tak Sekedar Pengehilang Bau Badan

Kemangi termasuk jenis tumbuhan tegak yang tumbuh didaerah berhawa sedang hingga panas. Tanaman kemangi memiliki tinggi antara 30 sampai 60 cm. Tumbuhan kemangi sebenarnya berasal dari India, namun kini tumbuh di berbagai daerah di dunia. Kemangi memiliki labih dari 150 varietas, batang tumbuhan ini berwarna hijau, berbulu dan bercabang banyak. Daunnya hijau dengan bentuk dan aromanya yang khas.Selain sebagai sayuran, kemangi juga dapat di manfaatkan sebagai obat. Di berbagai daerah di Indonesia, kemangi memiliki nama yang berbeda-beda, misalnya: di Jawa Barat dikenal dengan sebutan surawung, di Jawa sebagai kemangen atau kemangi, di Madura sebagai kemanghi, dan sebagainya.
Kalangan Barat menyebutkan tanaman ini dengan nama ais, orang Arab menyebutnya raihan, orang Irak dan Syam menyebutnya habaq. Kandungan kimia dari daun kemangi adalah minyak atsiri, linalool, metilkhavikol, metilsinamat, sineole, dan lain-lain. Menurut penelitian, tanaman kemangi mempunyai banyak khasiat, seperti: dapat meningkatkan stamina, mengatasi bau badan, bau mulut, sakit kepala, rematik, susah tidur, diabetes melitus, migran, melancarkan ASI, anemia, batuk, kutil, digigit serangga dan lain-lain.
SEGUDANG KHASIAT
Prof.HM.Hembing Wijayakusuma
menjelaskan kegunaan tanaman kemangi bagi manusia. Namun tentu cara pemakaiannya tergantung untuk penyembuhan penyakit apa.
Apabila dibalurkan di badan bisa menghentikan pendarahan serta mengisap cairan kotor serta bau busuk pada ketiak. Bila dimasak, lalu seseorang duduk diatas uapnya, bisa mengobati ambeien, hernia dan tulang rapuh. Bila perasan airnya di siramkan ke bagian tulang yang patah dan belum ditumbuhi daging baru, berkhasiat memulihkannya. Bisa juga mengatasi ketombe, bisul dan luka dikulit kepala. Bisa mencegah rambut gugur bahkan juga menghitamkan rmbut. Bila ditumbuk dan di siramkan sedikit air , lalu dicampurkan dengan minyak zaitun atau vaselin atau minyak mawar lalu dibalutkan, bisa mengatasi luka basah, kesemutan atau kulit terbakar dan berbagai bentuk pembengkakan.
Untuk mengatasi bau badan, bisa menggunakan 30 gram daun kemangi, 30 gram daun beluntas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian di saring dan airnya diminum. Atau daun kemangi dan daun beluntas dimakan sebagai lalapan. Bila mengalami bau mulut, tak salah juga menggunakan obat tradisional ini. Dosisnya 5 gram biji kemangi, 20 gram kencur, 1 batang sereh dihaluskan, lalu tambahkan air secukupnya, kemudian di embunkan semalam dan di minum pada pagi hari.
Disamping, itu daun kemangi juga baik digunakan untuk melancarkan ASI. Caranya, 60 gram daun kemangi, 50 gram labu air, 30 gram labu bligo direbus dengan 600 cc hingga tersisa 200 cc, disaring dan airnya diminum. Untuk mengobati influenza, menggunakan 60 gram kemangi, 15 gram jahe, 15 gram daun bawang putih direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya di minum.
Bila terkena
sariawan, resepnya 60 kemangi dikunyah lalu airnya ditelan. Atau kemangi direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc lalu disaring dan airnya di minum.
Sementara itu, bjinya juga berkhasiat menghentikan pendarahan pada dada dan paru-paru, membersihkan lambung, namun tidak membahayakan dada dan paru-paru itu sendiri karena unsur pembersih yang ada padanya.
Demikian berbagai manfaat tersembunyi yang bisa diambil dari tanaman kemangi.Silahkan mencoba!

0 komentar: